Loading...

99+ Mengenal Arti Warna dan Psikologi Warna

99+ Mengenal Arti Warna dan Psikologi Warna - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang DISAIN RUMAH KITA ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang 99+ Mengenal Arti Warna dan Psikologi Warna, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Model Rumah Murah, Artikel Rumah minimalis, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 99+ Mengenal Arti Warna dan Psikologi Warna
link : 99+ Mengenal Arti Warna dan Psikologi Warna

Baca juga


99+ Mengenal Arti Warna dan Psikologi Warna

Loading...
Seperti yang kita ketahui bahwa bagaimana cara memilih disain model rumah terbaru yang selalu kita cari untuk pembagunan rumah yang akan kita banggun dikala kita harus menyesuaikan model dengan gaya terbaru agar terlihat bagus dan nyaman di huni bersama keluarga. Rumah Minimalis memang menjadi cita-cita yang di dambakan keluarga.




the-psychology-of-color
Psikologi Warna / The psychology of Color, foto:artroom.studio

Warnabukan hanya bisa menciptakan keindahan, namunwarna juga memiliki arti. Banyak penelitian mencoba mengungkapkankorelasi warnadengankarakter dan psikologis,dalam kehidupan manusia.

Arti Warna, Psikologi Warna, dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Manusia





arti-dan-psikologi-warna
Arti dan Psikologi Warna, foto :home.planetfem.com

Kuatnya pengaruh warna bahkan pernah diungkapkan oleh Darwis Triadi, seorang fotografer Indonesia dalam bukunyaColor Vision: Denganwarnakita bisamenciptakan suasana teduh dan damai. Denganwarnapula kita dapatmenciptakankeberingasan dan kekacauan. Pernyataan Darwis itu berkaitan dengankonsep psikologi warna, yang kelak menjelaskan hubungan antara manusia dan cara mereka memersepsikan warna-warna di sekitar.

Oleh sebab itu kemudian warna menjadi pertimbangan penting dalam pembuatan logo perusahaan, organisasi, instansi, atau partai politik, sebab diyakini dapat menciptakan nuansa tertentu di tempat-tempat seperti rumah sakit, institusi pendidikan, hingga rumah makan.

Arti Warna dalam Dunia Desain




arti-warna
Lingkaran Warna yang memiliki Arti, foto:Codesigncod

Berikut ini rincian arti warna dasar dari gambar di atas, serta pengaruhnya dalam dunia desain yang perlu Anda ketahui.

1. Arti Warna Merah

Dunia psikologi mengaitkan arti warna merah dengan energi, gairah, kekuatan, kegembiraan, cinta, enerjik, kemewahan, nafsu dan peringatan. Selain itu, warna merah juga identik dengan kekerasan, kecemasan, bahkan agresivitas. Warna merah juga berkonotasi dengan kekuatan, adrenalin, gairah, serta semangat.

Sedangkan warna merah muda (campuran merah dengan putih) atau kita kenal dengan warna pink dianggap melambangkan cinta dan romantisme. Itu sebabnya, merah muda identik dengan warna cinta, berhubungan dengan perempuan, dan kesan feminim.

2. Arti Warna Kuning

Warna kuning, sebagaimana warna terang lainnya, bisa memberikan kesan ceria, bahagia, energik, dan rasa optimis. Adapun penggunaan warna kuning pada ruangan dipercaya mampu merangsang aktivitas pikiran dan mental, bahkan berdampak pada meningkatnya kemampuan analisis seseorang.

Mereka yang menyukai warna kuning cenderung lebih bijaksana, cerdas (akademis), kreatif, serta piawai dalam menciptakan ide dan berinovasi. Di sisi lain, warna kuning juga dianggap memiliki kecenderungan akan kecemasan, inkonsisten, rasa gelisah, bahkan tekanan stres khususnya bagi mereka si penggemar warna kuning.


3. Arti Warna Biru

Warna biru melambangkan suatu hubungan profesionalitas, kecerdasan, kepercayaan diri, bahkan menjadi simbol kekuatan. Sayangnya, warna biru juga kerap berasosiasi dengan sikap dingin, keras kepala, tidak ramah, dan kurangnya empati.

Dalam ranah desain interior, warna biru sering kali digunakan untuk menciptakan kesan luas, stabil, sejuk, dingin, dan relaksasi pada ruangan. Dari segi kesehatan, penggunaan warna biru diyakini mampu meningkatkan konsentrasi, mengatasi rasa cemas, tekanan darah tinggi, migrain, bahkan insomnia.

4. Arti Warna Hijau

Menjadi representasi dari warna alam, warna hijau sarat akan harmoni (keseimbangan), kesuburan, kesegaran, kedamaian, hingga efek relaksasi bagi seseorang. Warna hijau dipercaya mampu menurunkan stres, melambangkan penyembuhan, hingga mendorong perasaan empati. Dalam psikologi warna, hijau kerap digunakan untuk membantu seseorang yang berada dalam situasi tertekan-agar lebih mampu menyeimbangkan dan menenangkan emosinya.

Di balik itu, warna hijau punya efek negatif dapat menimbulkan rasa terperangkap, kebosanan, ambisi, dan kelemahan.

5. Arti Warna Orange atau Jingga

Warna Orange dianggap mampu merangsang emosi, tidak heran jika warna orange kerap digunakan pada tempat-tempat makan atau justru di lingkungan kerja yang membutuhkan produktivitas. Dengan daya tariknya yang kuat, warna orange melambangkan kehangatan, kenyamanan, keceriaan, bahkan optimisme.

Sayangnya, dalam dunia desain, penggunaan warna oranye yang berlebihan dapat memberikan kesan murah, atau mudah dijangkau. Penggunaan warna orange secara dominan bahkan bisa menciptakan kesan ramai, gaduh, hingga merangsang perilaku hiperaktif. Sebagai penyeimbangnya, Anda dapat menggunakan warna ungu atau biru.


6. Arti Warna Ungu

Jarang ditemukan di alam, membuat warna ungu kerap dipersepsikan dengan imajinasi, spiritualitas, dan sisi misterius. Itu sebabnya, penggunaan warna ungu dianggap mampu menarik perhatian, memancarkan kekuatan, bahkan tidak lepas dari kesan lain, seperti ambisius, independen, kebijaksanaan, visioner, bahkan kemewahan.

Sayang, penggunaan warna ungu secara berlebihan juga memiliki sisi negatif dan memiliki kesan kurang teliti dan kesendirian.

7. Arti Warna Hitam

Hitam itu elegan, berkesan misterius, namun atraktif. Warna hitam merepresentasikan kekuatan, rasa percaya diri, dramatis, misterius, klasik. Bahkan dalam banyak kasus: melambangkan maskulinitas.

Namun, penggunaan warna hitam yang terlalu dominan, bahkan secara tidak seimbang, dapat menciptakan kesan lain, seperti suram, gelap, bahkan menakutkan. Adapun pemakaian dalam intensitas besar bisa saja menimbulkan perasaan tertekan yang lekat dengan kondisi hampa, kerusakan, duka, hingga kematian.

8. Arti Warna Putih

Kontras dengan warna hitam, warna putih erat kaitannya dengan kesan bersih, suci, ringan, dan terang. Adapun diyakini punya kekuatan untuk mengurangi rasa sakit, tidak heran jika warna putih sering kali dijumpai dalam dunia kesehatan. Seperti halnya di rumah sakit.

Sementara warna putih dalam jumlah yang sesuai dapat memberi kesan keterbukaan dan kebebasan. Namun, penggunaan warna putih secara berlebihan bisa saja berdampak pada nyeri kepala dan mata lelah.

9. Arti Warna Coklat

Masuk dalam kategori warna alam yang netral, warna cokelat identik dengan stabilitas dan kehangatan. Biasa bersanding dengan warna hijau, paduan cokelat sendiri dipercaya mampu menciptakan kenyamanan, keakraban, serta rasa aman.

Namun penggunaan warna cokelat secara berlebihan bisa saja memberikan kesan dominan yang kaku, kolot, pesimis, bahkan tidak berperasaan.

10. Arti Warna Abu-abu

Campuran antara warna hitam dan putih ini kerap kali digunakan sebagai penetral. Dalam sisi positif, warna abu-abu menggambarkan keseriusan, kestabilan, kemandirian, bahkan memberikan kesan bertanggung jawab.

Akan tetapi penggunaan warna abu-abu yang terlalu dominan berdampak pada munculnya kesan membosankan dan tidak komunikatif. Selain itu, beberapa kesan negatif akan muncul seperti kurang percaya diri, kurang energi (tidak atraktif) bahkan depresi.

11. Arti Warna Emas

Warna emas memiliki makna prestasi, kesuksesan, kemewahan, kemenangan dan juga kemakmuran. Sama seperti emas dalam bentuk fisik yang menjadi komoditas berharga dan juga prestise di setiap negara.

12. Arti Warna Tosca

Dalam psikologi warna, warna tosca atau turquoise memiliki makna keseimbangan emosional, stabilitas, ketenangan dan juga kesabaran. Warna tosca dipercaya dapat memberikan semangat ketika seseorang stress mental atau kelelahan dan juga dihinggapi rasa kesepian.

Warna toska adalah warna yang baik untuk membantu konsentrasi dan menenangkan sistem saraf sehingga pikiran menjadi lebih jernih juga percaya diri. Warna tosca cocok digunakan untuk pembicara ataupun untuk anda yang sering bekerja multi-tasking.

13. Arti Warna Magenta

Warna magenta merupakan perpaduan antara warna merah dan ungu. Kandungan warna merah yang bermakna semangat, kekuatan dan energi tertahan oleh energi tenang warna violet sehingga menciptakan keseimbangan.

Maka dari itu. Warna magenta memiliki makna keseimbangan baik itu keseimbangan dalam aspek fisik, mental, spiritual ataupun emosional. Selain itu warna magenta memiliki filosofi perubahan atau transformasi. Perubahan dari rasa ketidakbahagiaan, frustasi dan marah menjadi kearah yang lebih baik.

Butuh Desain Interior Rumah ? : Contact Us














Terimakasih atas kunjugan anda semoga artikel ini bisa benjadi acuan untuk membangun rumah di masadepan untuk keluarga.


Demikianlah Artikel 99+ Mengenal Arti Warna dan Psikologi Warna

Sekianlah artikel 99+ Mengenal Arti Warna dan Psikologi Warna kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

Loading...